Expert System / ES

(Sistem Pakar)

Definisi :

–           Secara umum ES adalah system yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke computer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan para ahli.

–           ES tidak untuk menggantikan kedudukan seorang pakar tetapi untuk memasyaratkan pengetahuan dan pengalaman pakar tersebut.

–           ES dikembangkan pertama kali oleh komunitas AI tahun 1960an. ES yang pertama adalah General Purpose Problem Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Newel Simon.

Keuntungan ES :

  1. Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli
  2. bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis
  3. menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar
  4. meningkatkan output dan produktivitas
  5. meningkatkan kualitas
  6. mampu mengambil dan melestarikankeahlian para pakar
  7. mampu beroperasi dalam lingkungan berbahaya
  8. memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan
  9. memiliki realibilitas
  10. meningkatkan kapabilitas system computer
  11. memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian
  12. sebagai media pelengkap dalam pelatihan
  13. meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah
  14. menghemat waktu dalam pengambilan keputusan

Kelemahan :

  1. biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal
  2. sulit dikembangkan. Hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya
  3. system pakar tidak 100% bernilai benar

Konsep Dasar ES

  • Menurut Efraim Turban, system pakar harus mengandung : keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan kemampuan menjelaskan.
  • Keahlian adalah suatu kelebihan penguasan pengetahuan di bidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan,membaca atau pengalaman. Bentuk pengetahuan :
    • fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu
    • teori-teori pada lingkup masalah tertentu
    • prosedur-prosedur berkenaan dengan lingkup masalah tertentu
    • strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah
    • meta-knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan)
    • Permasalahan yang Disentuh oleh ES (Domain ES) :

    –           Interpretasi : Pengambilan keputusan dari hasil observasi, termasuk pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, dll

    –           Prediksi : prediksi demografi, prediksi ekonomi, dll

    –           Diagnosis : diagnosis medis, elektronis, mekanis, dll

    –           Perancangan : perancangan layout sirkuit , bangunan

    –           Perencanaan : perencanaan keuangan, militer, dll

    –           Monitoring : computer aided monitoring system

    –           Debugging : memberikan resep obat terhadap kegagalan

    –           Instruksi : melakukan instruksi untuk diagnosis, debugging dan perbaikan kinerja

    –           Kontrol : melakukan kontrol terhadap interpreasi, prediksi, perbaikan dan monitoring kelakukan sistem

  • Ciri-ciri ES :
    • Memiliki fasilitas informasi yang handal
    • Mudah dimodifikasi
    • Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer
    • Memilki kemampuan untuk belajar beradaptasi

  • Bentuk ES :
    • Berdiri sendiri. Sistem jenis ini merupakan s/w yang berdiri sendir tidak tergabung dengan s/w lain.
    • Tergabung. Sisetm ini merupakan bagian program yang terkandung di dalam suatu algoritma (konvensional) .
    • Menghubungkan ke s/w lain. Bentuk ini biasanya merupakan ES yang menghubungkan ke suatu paket program tertentu, misalnya DBMS.
    • Sistem mengabdi merupakan bagian dari computer khusus yang dihubungkan dengan suatu fungsi tertentu.