Menjadikan Jakarta Idaman Setiap Orang

 

Jakarta adalah kota metropolitan dan Ibukota Negara Indonesia. Kebanyakan orang ingin masuk ke dalamnya karena ada banyak faktor. Faktor-faktor itulah yang mendorong mereka untuk tinggal di Jakarta dan menyebabkan Kota Jakarta semakin hari semakin sempit, semakin panas, dan terjadi bermacam-macam polusi. Polusi terdapat dimana-mana. Itulah yang menjadikan udara di Jakarta menjadi tidak segar. Dengan semakin majunya teknologi canggih dan perkembangan kota yang tidak sesuai dengan tata ruangnya maka di Jakarta banyak terjadi bermacam-macam pencemaran atau polusi yaitu diantaranya pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran suara dan lain-lain. Di antara pancemaran di atas yang paling banyak merugikan adalah pencemaran air dan udara. Selain tidak sedap di pandang juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Monas

 

Udara merupakan kebutuhan hidup yang paling penting dan paling utama bagi semua mahluk ciptaan tuhan yang ada di dunia ini. Kita harus bersyukur karena dengan adanya udara ini maka kita bisa terus bernafas dan dapat terus hidup. Dengan udara yang sehat maka tubuhpun akan ikut sehat juga. Di dalam tubuh yang sehat akan menciptakan kehidupan yang sehat pula. Ciri-ciri udara yang sehat yaitu udara yang bersih, tidak berdebu, udara yang dihirup terasa segar dan tanpa polusi udara. Sebaliknya udara yang kotor yaitu udara yang mengeluarkan bau tidak sedap, berdebu, dan banyak polusi udara. Apabila itu berada di dalam lingkungan tempat tinggal kita dan udara kotor itu kita hirup secara terus-menerus maka semakin lama semakin menumpuk di dalam diri kita dan itu dapat menimbulkan penyakit. Semua itu dapat kita cegah apabila adanya kesadaran yang tinggi dari pemerintah dan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan dari berbagai  macam polusi. Cara menanggulanginya yaitu dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Pemerintah harus menggalangkan penanaman hutan kembali (reboisasi) agar tidak terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan. Bila hutan terbakar secara terus-menerus dan tidak ada penanggulanginya maka itu dapat mengakibatkan hilangnya sumber air dan sumber paru-paru dunia.
  • Sebaiknya pemerintah mendirikan taman kota di setiap sudut kota agar kota terlihat hijau, indah, nyaman dan sehat. Setelah itu di tengah-tengah taman kota terdapat air mancur dan bunga-bunga yang indah agar taman kota terlihat lebih segar, sejuk dirasa dan dilihat. Setelah itu di tengah-tengah taman kota juga diberi mainan anak-anak misalnya ayunan, seluncuran dan lain-lain agar menjadi lebih indah dan menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Yang paling penting dari semuanya itu disediakanya tempat sampah agar taman kota menjadi bersih, indah dan sehat. Karena kebersihan itu adalah pangkal dari kesehatan.
  • Seharusnya di setiap jalan raya yang dilalui oleh kendaraan, pemerintah mewajibkan untuk menanam pepohonan di sepanjang jalan agar dapat berkurangnya polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan. Pohon-pohon yang ditanam di sepanjang jalan juga berguna untuk menjaga keasrian dan keindahan dalam kota agar menjadi kota yang hijau, asri, bersih dan segar yang menjadikan Kota Jakarta menjadi kota idaman setiap orang dan tidak lupa juga harus diberi tempat sampah agar kebersihan itu tetap terjaga di mana saja dan kapan saja kita berada.
  • Pemerintah seharusnya membuat undang-undang yang sangat tegas tentang membuang sampah di sembarang tempat. Setelah ada UU tentang larangan membuang sampah di sembarang tempat dan dipatuhi oleh seluruh lapisan masyarakat maka lingkungan akan tetap terjaga kebersihanya. Peraturan ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan setegas-tegasnya. Aparat negara adalah sebagai penegak hukum maka aparat tidak bolah membeda-bedakan hukum antara pejabat negara dengan rakyat karena apabila kesalahan yang kecil saja tidak bisa diperbaiki terlebih lagi dengan kesalahan yang besar. Kita tidak akan mampu mengatasi masalah yang besar kalau masalah yang kecil saja tidak bisa terselesaikan.
  • Seluruh masyarakat merupakan pendukung serta turut menjaga, melindungi dan merawat agar menjadikan Kota Jakarta menjadi lebih baik dan memjadi kota hijau seperti idaman kita semua yaitu kota yang sehat, asri, bersih, sejuk, tenang dan damai.

 

Kota Jakarta akan menjadi hijau, asri, bersih dan segar apabila semua ini dapat berjalan dengan baik dan benar dimulai, di awali dari dalam diri-sendiri, didukung oleh pemerintah dan semua lapisan masarakat

Selain polusi udara seperti yang telah diuraikan di atas masih ada lagi polusi yaitu polusi air. Polusi air ada kaitannya dengan polusi udara dan penghijauan. Air merupakan kebutuhan hidup yang utama bagi manusia, tumbuhan dan hewan tanpa adanya air maka tidak akan terjadi kehidupan. Tuhan memberikan kita air agar digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat dan kita juga harus dapat menjaga dan memelihara air tersebut agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Air yang baik adalah air yang bening, bersih, terbebas dari sampah dan limbah. Sebaliknya air yang kotor, berwarna keruh, hitam terdapat limbah dan banyak sampah Semua itu dapat diperbaiki dan dilakukan apabila adanya kesadaran yang tinggi dari masnyarakat dan pemerintah untuk dapat menanggulangi air agar tidak tercemar oleh polusi. Cara menanggulanginya yaitu dangan cara-cara sebagai berikut:

  • Pemerintah harus membuat hukum yang sangat tegas kepada setiap orang yang membuang sampah di sungai karena apabila tidak dilakukan dari yang terkecil akan menyebabkan hal yang terbesar misalnya banjir yang mengakibatkan tenggelamnya rumah-rumah penduduk, terjadinya wabah penyakit dan hektaran sawah terendam banjir yang mengakibatkan gagal panen.
  • Yang menyebabkan penghijauan terganggu salah satunya yaitu limbah industri. Limbah industri akan sangat merugikan dan membahayakan kebersihan air, mahluk hidup di dalamnya dan lingkungan di sekitarnya. Hal ini harus di tangani secara tegas oleh pemerintah maupun pemilik industri agar limbah tidak menjadi polusi di dalam air.
  • Air selokan dan sungai yang keruh kotor dan berbau tidak sedap dapat menjadi sebagai wabah penyakit bagi lingkungan di sekitarnya. Seharusnya setiap minggu diadakan kerja bakti membersihkan selokan dan sungai agar tidak berbau dan tidak kotor.
  • Seharusnya pemerintah menetapkan UU untuk menanam pepohonan di sepanjang tepi sungai agar, selain bersih tetap terjaga keasrian lingkunganya. Lingkungan yang sehat akan membentuk pribadi dan tunuh yang sehat juga. Setelah semuanya itu dilakukan terutama dari yang terkecil akan membuahkan manfaat yang terbesar maka kota akan menjadi hijau, sejuk, bersih dan segar sehingga enak dilihat dan dirasakan. Sungai yang bersih dan  jernih menjadikan batu dan ikan-ikan terlihat dari permukaan sungai betapa indahnya pemandangan itu. Seandainya saja semua itu dapat dilakukan pasti masyarakat dapat menikmati indahnya pemandangan di sekitar sungai itu sambil bersampan di sungai dalam kota dan dapat memancing di sungai yang jernih sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke desa.

 

Jika semuanya itu dapat dilakukan dengan kesadaran yang tinggi dari semua lapisan masyarakat maka segala pencemaran atau polusi yang dapat mengganggu jalannya penghijauan dapat dihilangkan. Apabila semua ini terus ditingkatkan maka semakin lama lingkungan semakin indah, bersih, asri, sehat dan segar menjadikan penduduk yang tinggal di dalamnya merasakan tenang, damai dan nyaman di dalam jiwa maupun raganya.

Demikianlah ide-ide dan saran-saran semoga bermanfaat untuk dapat membangun Kota Jakarta menjadikan kota idaman sehingga menjadi kota yang hijau, asri, sehat, bersih dan segar.