OUTLINE PENULISAN ILMIAH

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada bab ini dijelaskan tinjauan secara sekilas yang berupa gagasan – gagasan dari gambaran umum permasalahan yang ada lalu dituangkan dalam pembuatan penulisan ilmiah ini. Dan terdapat alasan mengapa suatu permasalahan muncul dan bagaimana penulis menjelaskan secara detail isi dari tulisan ini.

1.2 Batasan Masalah
Dalam penulisan ini memiliki ketentuan yang harus diberikan dalam membatasi suatu permasalahan sehingga dalam melkukan penulisan ini dapat diberikan batasan – batasan dalam pola penulisan yang secara garis besarnya saja.

1.3 Tujuan Penulisan
Bab ini penulis memberi tahu tujuan dari penulisan yang dibuat. Yaitu mengapa penulisan ini dibuat atau mengapa alat/analisa ini dirancang.

1.4 Metode Penulisan
Pada bab ini penulis memberikan tinjauan pustaka yang akan digunakan pada penulisan ilmiah ini. Dimana dalam penulisan bab ini menjelaskan tata cara pengumpulan data yang digunakan untuk menyusun penulisan ilmiah ini.

1.5 Sistematika Penulisan
Pada setiap penulisan maka dibutuhkan suatu sistem penulisan untuk menjelaskan secara sederhana isi dari penulisan ini secara per-bab.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi teori dan referensi dan menguraikan segala materi diperoleh penulis yang mendukung dan ada keterkaitan dengan pembuatan penulisan ilmiah ini.

BAB III ANALISA DAN HASIL
Analisa dan hasil merupakan bab yang paling penting. Karena pada bab ini merupakan hasil analisa yang dilakukan oleh penulis dalam menyelesaikan penulisan ilmiah ini. Bab ini juga dapat berisi hasil penjelasan berupa tabel ataupun bagan flowchart atau alur kerja skematik.

BAB IV PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Subbab ini berisi kesimpulan dari analisa dari bab sebelumnya yang memberikan keterangan tentang hasil analisa penulis, yang berisi suatu kekurangan ataupun kelebihan dari apa yang penulis telah analisa.

4.2 Saran
Berisi suatu saran positif dari hasil analisa pada bab sebelumnya. Penulis menjelaskan kekurangan apa yang telah telah didapat dari penulisan ini.