1. Gagang Pintu Terbalik

Pegangan pintu yang salah.

.

Dapat anda lihat pada gambar, sebuah pintu tampak dari depan / luar dengan pegangannya yang dipasang terbalik. Pintu ini ada dikamar kostan saya. Untuk bisa membuka pintunya saya harus menarik gagangnya ke arah atas. Sering kali jika teman saya datang ke kostan mereka selalu tidak bisa membukanya, dikarenakan meraka menarik arah gagang ke arah bawah. Design gagang pintu seperti ini bagi orang awam memang sangat aneh dan akan menyulitkan.

Saran: Seharusnya gagang pintu yang konvensional adalah dengan menarik gagangnya ke arah bawah. Dan pemasangan pada pintu supaya jangan sampai terbalik.

2. Motor tanpa Spakbor

Motor adalah kendaraan yang paling banyak digunakan di indonesia, dikarenakan ukurannya yang kecil dan mampu melewati jalan-jalan yang sempit. Banyak sekali pengguna motor yang memodifikasi untuk membuat tampilan yang lebih keren dan sporty. Para pengguna motor kadang dalam memodifikasi kendaraan roda duanya tidak memperhatikan standar fungsionalitas pada setiap bagian motor, sebagai contoh adalah gambar dibawah ini.

Motor tanpa Spakbor

Pada gambar tampak bahwa motor ini tidak menggunakan spakbor pada bagian ban belakang. Sehingga apa bila berkendaraan ketika hujan atau keadaan jalan yang becek maka cipratan air akan mengenai pengendara yang ada dibelakangnya. Keadaan seperti ini dapat mengganggu kendaraan di belakangnya.

Saran: Spakbor berfungsi untuk mencegah cipratan air. Gunakan spakbor yang bisa menahan cipratan air kebelakang, supaya tidak mengenai pengendara ynag berada dibelakang. Polisi harus menilang kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar keamanan dari pabriknya karena dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan.

3. Helm Cetok

Cetok Helmet

Helm ini mirip dengan helm proyek yang dipakai para pekerja lapangan untuk melindungi kepala dari benda yang jatuh dari atas. Namun helm ini tidak layak apabila digunakan untuk berkendaraan bermotor. Karena helm ini tidak di design untuk melindungi seluruh bagian kepala terutama bagian belakang dan juga wajah. Penggunaan helm ini dapat memberikan dampak yang fatal jika terjadi kecelakaan dijalan.

Saran: Gunakan helm yang bisa menutupi seluruh kepala dan melindungi wajah (helm Full Face). Sehingga kepala dapat mengurangi benturan dari benda keras secara langsung. Pakai helm yang sudah mendapatkan label SNI.