Dalam membangun atau mendesain sebuah website tidak sekedar hanya menguasai software seperti Microsoft Frontpage atau Adobe Dreamweaver. Kita tidak harus membangun website yang cantik, tapi bisa membangun website yang baik dan mudah dipahami yang membuat kenyamanan pengunjung dalam menelusuri website kita. Secara umum fungsi website adalah sebagai media komunikasi antara pemilik website dengan pengunjung websitenya. Pengunjung akan kesulitan apabila website yang kita buat navigasinya sangat rumit.

           Pengunjung lebih suka melihat website dengan tampilan yang biasa saja asal dapat memperoleh informasi dengan cepat. Jika pengunjung membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi dari suatu website maka mereka akan menutup website tersebut sebelum sempat terbuka. Karena website mempunyai fungsi yang dapat membantu pengguna atau user dalam menjelajah internet sehingga mereka menemukan informasi yang dicari dengan mudah dan tidak memerlukan yang lama. Untuk membuat suatu struktur website yang baik adalah adanya kesederhanaan (simplicity) dan kemudahan dalam pengaksesan (accessbility).

Di bawah ini adalah contoh desain web yang saya buat.

 

           Halaman website ini terdiri dari dua bagian yaitu head dan body. Pada website yang saya desain ini,saat masuk pada halaman awal situs terdapat gambar dan slogan yang menandakan pengunjung masuk kedalam suatu situs yang bertema musik. Pada bagian atas terdapat judul “College Of Music”, yang akan membuat website terlihat lebih simpel dan minimalis. Pada bagian bawah terdapat 5 link menu yang dapat memudahkan pengunjung bernavigasi didalam website kita, yaitu:

>Home

Link yang akan membuat kita kembali kepada halaman awal situs, sehingga dapat dengan mudah membuat user/pengunjung tidak tersesat didalam website buatan kita.

>About us

Berisi tentang profil atau sejarah Sekolah Musik ini dibuat dan mengenalkan kepada pengunjung tentang isi dari website ini. Pada menu ini bisa juga menuliskan tujuan dan visi misi suatu lembaga/perusahaan.

>Service

Merupakan isi dari website yang dibuat, berupa pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh si pembuat website kepada pengunjung.

>Courses

Courses juga termasuk bagian dari isi atau inti dalam website ini. Berisi informasi program-program yang diberikan website ini kepada pengunjung.

>Contact Us

Dengan menggunakan link ini pembuat website dapat memberikan nomor telepon, email ataupun alamat lembaga atau perusahaannya. Agar para penggunjung dapat menghubungi pemilik website untuk bertanya lebih lanjut. Dengan adanya ini fungsi web menjadi lebih komunikasi.

Pada bagian body web terdapat informasi yang dapat langsung diakses seperti:

>About Our Music

Berisi penjelasan-penjelasan yang menyatakan tentang sekolah musik ini.

>Xpress Learning

Keunggulan dari sekolah musik, yang ditampilkan terdepan agar para pengunjung bisa melihat dan menarik perhatian para pengunjung website.

>What we Offer

Suatu penawaran kepada pengunjung yang akan masuk ke sekolah musik ini.

>News & Events

Berisi berita atau pun informasi penting lainnya sehingga memudahkan bagi pengunjung atau user untuk tidak ketinggalan event tertentu.